Alasan Wanita Tak Disarankan Terlalu Sering Pakai Pantyliner

Dipublikasikan oleh Ruang Pengetahuan pada

Kaum wanita pasti tidak asing dengan yang namanya pantyliner. Benda ini biasanya digunakan jika seorang wanita mengalami keputihan.

Meski umum digunakan setiap hari, seorang ginekolog yang diketahui bernama Annie menyarankan agar tidak terlalu sering memakai pantyliner. Kenapa ya?

Lewat postingan video di akun TikTok miliknya, @anniedeliversmd, Annie membahas pantyliner dan bahaya memakainya setiap hari.

Menurut Annie, memakai pantyliners terlalu sering bisa menyebabkan dermatitis kontak. Itu merupakan kondisi munculnya ruam merah dan gatal akibat kulit kontak langsung dengan zat iritan.

Jika terlalu sering memakai pantyliners, seseorang akan mengalami iritasi vagina, tetapi bukan akibat infeksi. Annie mengatakan bahwa ia melihat banyak garis tegas di sekitar vulva yang menjadi tanda terlalu sering menggunakan pantyliner.

“Saat Anda merasa keputihan, gantilah pakaian dalam Anda tapi jangan pakai pantyliner. Kulit vulvamu tidak menyukainya,” kata Annie dikutip dari Mirror UK, Jumat (31/12/2021).

Video yang diunggah Annie pun viral dan ditonton lebih dari 11,3 juta orang, disukai 470 ribu orang, dan 5 ribu komentar. Komentarnya bervariasi, mulai dari yang setuju dengan saran Annie dan ada juga yang merasa tidak setuju.

“Terkejut dengan jumlah wanita yang memakai liner setiap hari!!! Itu gila. Cukup bersihkan dengan tisu toilet saat itu (keputihan) terjadi,” tulis netizen.

“Saya memakainya setiap hari dan tidak ada masalah. Itu tidak aneh, tapi membuat saya merasa lebih nyaman. Saya rasa kembali ke masing-masing orang,” tulis netizen lainnya.

Baca Juga  8 Zat Aditif Makanan yang Harus Dihindari