Beragam Tipe Penis Berdasarkan Ukuran Hingga Bentuk Lengkungan

Dipublikasikan oleh MUHAMAD HADI NINGRAT pada

Savana Jaya, Ruang Pengetahuan – Penis adalah organ pria yang berfungsi untuk reproduksi dan buang air kecil. Penis bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu ‘tubuh’ dan ‘kepala’. Bagian tubuh menghubungkan penis ke perut lalu bagian kepala terletak di ujung.

Penis yang sehat tidak hanya dinilai dari seberapa baiknya performanya dalam berhubungan seks, tapi juga dari jenis atau ukuran penis.

Salah satu indikator awal adanya masalah pada penis bisa dilihat dari ukuran dan kondisi ereksi. Misalnya, jika penis tidak bisa ereksi, hal ini dapat mencerminkan masalah kesehatan lain yang mendasar bukan hanya terkait isu gairah dan seks.

Berikut beberapa jenis penis yang paling umum berdasarkan ukurannya.

• Panjang

Perkiraan tentang panjang penis rata-rata dapat bervariasi. Misalnya penelitian pada tahun 2014 yang melihat ukuran penis pria Amerika Serikat menemukan bahwa rata-rata panjang saat ereksi sekitar 14 sentimeter.

Penelitian tersebut menggunakan data yang dilaporkan sendiri sehingga kemungkinan masih bias. Mungkin seseorang percaya bahwa ukuran penisnya mendekati 15 sentimeter, namun pada kenyataannya rata-rata cenderung lebih rendah.

• Ketebalan

Pada tahun 2014 lalu, peneliti asal Inggris David Vealle melakukan penelitian tentang ukuran penis pada 15.521 laki-laki. Vealle bersama para ahli urologi menggunakan metode pengukuran penis yang disebut Bone Pressed Erect Length (BPEL) dan Bone Pressed Flaccid Length (BPFL).

Metode ini kini menjadi standar dalam pengukuran penis yang akurat. Meski diadakan di Inggris, responden penelitian ini terdiri dari berbagai usia dan ras.

Hasil penelitiannya melaporkan bahwa rata-rata panjang penis dari seluruh responden adalah 13 cm dan ketebalannya 11,6 cm. Ukuran ini disimpulkan menjadi ukuran penis normal.

• Lengkungan

Beberapa penis benar-benar lurus saat ereksi, namun banyak juga yang memiliki lekukan atau lengkungan. Ada tiga jenis utama penis melengkung sebagai berikut:

– Melengkung ke atas dari alasnya
– Melengkung ke bawah dari alasnya
– Melengkung ke kiri atau kanan