Lebih Kecil dari Ukuran Internasional, Berapa Panjang Penis Normal Orang Indonesia?

Dipublikasikan oleh MUHAMAD HADI NINGRAT pada

Savana Jaya, Ruang Pengetahuan – Banyak pria masih merasa khawatir dan menganggap bahwa ukuran penisnya kecil, padahal ukuran penis mereka masih dalam ukuran normal. Hal ini lazim terjadi apalagi ketika seseorang suka menonton film dewasa.

Memang, ukurang penis akan berbeda sesuai dengan negaranya. Lantas, berapa sih ukuran penis yang normal bagi orang Indonesia?

Kebanyakan pria Indonesia memiliki panjang penis 11,67 cm saat sedang ereksi. Jika dibandingkan dengan populasi dunia, rata- rata panjang penis ereksi dari puluhan negara lainnya adalah 13,58 cm.

Ukuran penis pria normalnya akan berubah seiring bertambahnya usia. Saat pria memasuki masa pubertas, yaitu sekitar usia 13–18 tahun, ukuran penis akan semakin besar. Proses perkembangan organ intim pria ini biasanya akan berhenti di usia 21 tahun.

Secara umum, ukuran penis normal rata-rata pria dewasa saat lemas adalah sekitar 5–10 cm. Sementara saat ereksi, ukuran penis bisa mencapai sekitar 12–19 cm. Jika ukuran penis pria dewasa saat ereksi kurang dari 9,3 cm, kondisi ini dikenal dengan istilah micropenis.

Untuk mengetahui ukuran penis dengan tepat, Anda bisa mengukurnya dengan cara menempatkan penggaris atau pita pengukur di pangkal penis sampai ujung kepala penis.

Tapi, dalam urusan seks, ukuran penis bukanlah faktor utama penentu kepuasan seksual. Ini karena kepuasan seks tidak selalu bisa diperoleh saat penetrasi seksual dilakukan.

Pasalnya, vagina terbentuk dari struktur khusus yang bakal terangsang ketika penis memiliki lingkar yang lebih besar ketimbang ukuran yang panjang. Selain itu, ada survei yang menyebutkan bahwa 85 persen wanita merasa puas saat berhubungan seks dengan pasangannya, dan ini tidak bergantung pada ukuran penis.

Beberapa faktor lain, seperti sentuhan, pelukan, ciuman mesra, atau memberi rangsangan di area sensitif wanita serta kedekatan emosinonal dengan pasangan, juga berperan penting dalam mendukung kepuasan seksual.

Oleh karena itu, daripada terus merasa khawatir dengan ukuran penis Anda, lebih baik fokus merawat kesehatan penis dengan cara berhenti merokok, batasi konsumsi minuman beralkohol, rajin berolahraga, dan rutin membersihkan area kelamin.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan penis, Anda juga dianjurkan untuk mendapatkan vaksin HPV. Hal ini penting untuk mencegah penularan virus HPV melalui penis ke pasangan Anda.