3 Chip Ponsel Yang Dikabarkan Bisa Sebabkan Overheating

Dipublikasikan oleh Ruang Pengetahuan pada

Di tengah langkanya pasokan chip yang memengaruhi produksi perangkat elektronik hingga mobil, dikabarkan kalau tiga chip andalan yang biasa digunakan untuk smartphone kelas atas memiliki masalah panas berlebih atau overheating.

Dikutip dari Gizmochina, Selasa (4/1/2022), ada laporan bahwa tiga chip teratas yang akan memulai debutnya di beberapa smartphone unggulan tahun ini mungkin mengalami masalah overheating.

Ketiga chip tersebut adalah Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, Samsung Exynos 2200, dan Dimensity 9000 dari MediaTek. Semua chip ini merupakan ‘otak’ super fungsional kelas atas yang ada di ponsel high-end.

Seluruh chip diproduksi menggunakan proses node 4nm dan ada beberapa tweet yang menunjukkan adanya masalah overheating di chip kelas atas ini. Ini diketahui dari produk Motorola Edge X30 yang sudah menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1.

Seperti diketahui, Dimensity 9000 merupakan chip yang diproduksi oleh Taiwan TSMC. Sedangkan Exynos 2200 dan Snapdragon 8 Gen 1 diproduksi oleh Samsung Foundry.

Untuk chip produksi TSMC ternyata lebih baik dari produk Samsung. Ini karena chip Dimensity 9000 terpantau hanya mengalami panas berlebih tak sebesar Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dan Samsung Exynos 2200.

Meskipun pandangan dari keterangan tersebut tidak pasti, tetapi permintaan untuk chip kelas atas ini meningkat tahun ini. Karena kekurangan chip global diperkirakan masih akan berlanjut setelah paruh pertama tahun 2022.

Baca Juga  Layanan BlackBerry 7.1 dan 10 Tinggal Menghitung Hari