5 Aplikasi Terbaik Pelacak Nomor HP

Dipublikasikan oleh Ruang Pengetahuan pada

Aplikasi pelacak nomor hp bisa sangat berguna untuk mengetahui siapa yang sedang menelepon Anda. Dengan mengetahui siapa yang melakukan panggilan, Anda bisa memutuskan apakah akan mengangkat telepon tersebut atau tidak.

Maraknya pinjaman online belakangan ini membuat banyak orang terjerat utang yang terus berbunga. Ironisnya ketika nasabah sulit dihubungi, debt collector akan menelepon sejumlah rekan dan orang terdekat nasabah tersebut.

Ini tentunya cukup mengganggu privacy, apalagi si debt colector biasanya langsung marah-marah tanpa Anda tahu masalahnya. Tuduhan bermacam-macam juga, biasa dilontarkan debt collector kepada rekan-rekan nasabahnya ini.

Untuk mengantisipasi telepon seperti ini, Anda bisa menggunakan aplikasi pelacak nomor HP. Aplikasi ini akan memberitahu identitas si penelepon mulai dari nama, alamat, hingga lokasi orang tersebut menelpon.

Setelah mengetahui siapa yang menelepon, Anda bisa memutuskan apakah akan mengangkat panggilan tersebut atau tidak. Berikut 5 aplikasi pelacak nomor HP yang bisa Anda gunakan:

1. Tellows – Caller ID & Block

Aplikasi pelacak nomor HP ini bisa dibilang yang paling lengkap dari beberapa kompetitornya. Karena aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengetahui informasi seputar nama, alamat, hingga lokasi si penelepon.

Kelebihan lainnya, Anda juga bisa mengetahui tujuan dari si penelepon menghubungi. Aplikasi ini bisa mengkategorikan nomor tak dikenal menjadi 9 jenis, yakni nomor terpercaya, perusahaan penagih utang, undian berhadiah, survei, iklan, teror, penipuan uang, telemarketing, hingga modus missed call.

2. Truecaller

Aplikasi Truecaller termasuk yang paling populer dikalangan pengguna Android dan iOS. Aplikasi yang sudah diunduh hingga 200 juta orang ini mampu mengidentifikasi nomor.

Jika nomor telepon yang menghubungi Anda spam, maka aplikasi akan memberikan tanda merah yang artinya nomor tersebut berbahaya.

Baca Juga  Uji Tombol Like Pribadi di Stories Instagram

Anda juga bisa melacak identitas pemilik nomor tersebut dari database Truecaller yang berasal dari laporan orang yang pernah jadi korban.

3. Showcaller

Ini adalah salah satu aplikasi terbaik yang bisa mengidentifikasi nomor telepon asing yang menghubungi Anda. Aplikasi ini akan mengungkap identitas pemilik nomor yang menghubungi Anda.

Showcaller juga bisa mengetahui lokasi detail si penelepon beserta komentar mengenai nomor tersebut. Komentar tersebut berasal dari pengguna lain yang sebelumnya dihubungi oleh nomor asing itu.

Apabila nomor asing tersebut tergolong penipuan atau spam, maka Anda bisa langsung memblokirnya agar tidak terganggu panggilan dari nomor tersebut.

4. Eyecon

Aplikasi Eyecon memiliki fitur yang hampir sama denga Truecaller. Karena fiturnya bisa memberitahu nomor telepon yang menghubungi Anda termasuk nomor spam atau berbahaya.

Kelebihan dari aplikasi ini, Anda bisa menambahkan foto pada nomor tak dikenal itu sehingga masuk dalam database Eyecon. Aplikasi ini juga bisa dihubungkan ke akun media sosial pengguna.

5. TelGuarder

Aplikasi TelGuarder memiliki fitur untuk melacak identitas nomor asing yang menghubungi Anda. Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa memblokir jenis-jenis nomor yang dianggap spam atau virus.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melaporkan nomor asing yang dianggap mengganggu dan memberikan komentar sehingga pengguna lain bisa mengetahuinya. Komentar Anda secara otomatis masuk dalam database aplikasi sehingga pengguna TelGuarder bisa mengantisipasi panggilan dari nomor tersebut.