Kominfo Tegaskan Pentingnya Farming dan Reframing Spektrum Frekuensi

Dipublikasikan oleh Ruang Pengetahuan pada

Sepanjang 2021, Kementerian Kominfo terus melakukan upaya penataan atau farming dan refarming spektrum frekuensi.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan, hal tersebut sesuai dengan arahan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate untuk mengoptimalkan kualitas layanan jaringan 4G maupun pengembangan jaringan 5G di Indonesia.

”Saat ini layanan komersial 5G telah hadir di beberapa area residensial dan hotspot di 13 kota di Indonesia melalui tiga operator seluler yakni PT Telkomsel, PT Indosat, dan PT XL Axiata,” ujar Dedy dalam Kaleidoskop Kementerian Kominfo Tahun 2021 dan Outlook Tahun 2022.

Pada 2021, pengembangan 5G juga terealisasi melalui upaya menghadirkan 5G experience di berbagai event nasional, di antaranya pada acara peluncuran Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Labuan Bajo, PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, dan pameran Pusat Inovasi Digital Industri 4.0 di Jakarta.

Kata Dedy, Kehadiran 5G experience tersebut, merupakan hasil sinergi antara Kementerian Kominfo dengan operator seluler di Indonesia.

“Kominfo akan terus mendorong pengembangan konektivitas 5G, salah satunya dengan menghadirkan 5G experience dalam gelaran MotoGP Mandalika tahun 2022 dan event penting pada G20 mendatang,” pungkasnya.

Baca Juga  Sepanjang 2021, Kominfo Blokir 565.449 Konten Hoax di Medsos dan Internet