Panasonic Hadirkan Headset VR Seperti Kaca Mata untuk Menyambut Metaverse

Dipublikasikan oleh Ruang Pengetahuan pada

Shiftall, perusahaan virtual reality (VR) di bawah Panasonic meluncurkan headset VR bernama MeganeX yang ukurannya sangat kompak dan bisa dilipat layaknya kaca mata. Headset yang diluncurkan di Consumer Electronic Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat itu merupakan pengembangan beberapa headset yang telah dibuat perusahaan elektronik asal Jepang itu.

MeganeX diyakini jadi solusi bagi masyarakat yang masih sangat enggan menggunakan atau minimal mencoba headset VR. Pasalnya saat ini kebanyakan headset VR yang beredar memiliki ukuran yang sangat besar dan berat. Belum lagi masalah harga yang masih tergolong mahal.

Jadi tidak heran jika penggunaan headset VR masih belum begitu populer. Padahal saat ini ekosistem virtual reality sudah sangat komplit. Belum lagi tren metaverse yang ke depannya akan sangat membutuhkan headset VR.

Hal itulah yang coba diatasi oleh Shiftall dengan menghadirkan MeganeX. Jika dibandingkan dengan headset yang tersedia saat ini, MeganeX memang tampil beda. Bisa dibilang desainnya hampir-hampir mirip sebuah kaca mata. Bedanya hanya pada dimensinya yang lebih besar dan tebal.

Dari segi ukuran MeganeX juga jauh lebih kompak. USA Today menyebutkan headset VR dari Shiftall itu hanya memiliki berat 250 gram.

“Sangat penting buat headset VR memiliki bobot yang ringan dan nyaman digunakan. Tanpa harus mengurangi kualitas gambar yang tetap terasa nyata,” jelas Takuma Iwasa, CEO Shiftall.

Menariknya lagi MeganeX memang akan jadi seperti sebuah kaca mata. Jadi apabila pengguna tidak mengenakannya, perangkat itu bisa dilipat tanpa membutuhkan tempat penyimpanan berukuran besar.

Dari segi spesifikasi MeganeX memiliki layar mikro 1,3 inci dengan resolusi 2.560 x 2.560 per eye di kecepatan 120Hz. Headset itu juga dibenamkan chip buatan Snapdragon XR1. Shiftall sendiri bekerja sama dengan aplikasi SteamVR untuk penyediaan konten yang bisa digunakan headset itu.

Baca Juga  Amerika Luncurkan Subsidi Internet Senilai Rp202 T Bagi Warga Miskin

Disebutkan situs Upload VR, Takuma Iwasa mengatakan MeganeX akan mulai dijual pada pertengahan tahun ini. Hanya saja dia tidak menyebutkan harga pasti. Dan diprediksi harga MeganeX akan ada di bawah harga pasaran headset yang tersedia saat ini.