Pencapaian Gemilang Xiaomi Selama 2021

Dipublikasikan oleh Ruang Pengetahuan pada

Xiaomi menutup 2021 dengan sejumlah catatan menarik. Mereka juga siap menyambut 2022 dengan sejumlah rencana dan kejutan bagi Xiaomi Fans.

“Tahun ini penuh peristiwa penting bagi kami. Diisi tantangan maupun pencapaian,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

• Produk Ponsel Hingga AIoT

Sepanjang 2021, Xiaomi telah mengenalkan smartphone serta AIoT untuk pasar Indonesia.

Tercatat ada 16 model smartphone dikenalkan pada 2021, mulai Redmi 9T yang menjadi Jawara Baterai Gede hingga Mi 11 Ultra yang menghadirkan inovasi terbaik dari sisi prosesor, kamera, baterai, dan layar.

Pada 2021, Xiaomi menghadirkan fitur pengisian daya tercepat melalui teknologi 120W Xiaomi HyperCharge yang ada di Xiaomi 11T Pro, mampu mengisi penuh baterai 5.000 mAh dari posisi 2-100% dalam waktu 17 menit.

Pehobi fotografi dimanjakan selama 2021 karena Xiaomi menghadirkan 5 model smartphone dengan kamera 108MP. Antara lain Redmi Note 10 Pro, Mi 11 Ultra, Mi 11, Xiaomi 11T, dan Xiaomi 11T Pro.

Xiaomi juga serius menggarap segmen produk AIoT. Dalam setahun sudah ada 49 produk ekosistem baru yang dikenalkan untuk Indonesia. Mulai Mi Smart Band 6 yang mendukung gaya hidup aktif dan Mi Smart Air Fryer 3.5L yang memperkenalkan cara memasak pintar, hingga aksesoris lainnya. Termasuk juga kategori baru yang diperkenalkan tahun ini seperti tablet dan laptop.

Hingga hari terakhir 2021, produk Xiaomi dan POCO mengumpulkan 114 penghargaan serta rekomendasi dari berbagai lembaga pemberitaan.

Xiaomi 11T dan POCO M3 Pro merupakan smartphone yang paling banyak mendapatkan apresiasi atas inovasi yang dihadirkan oleh Xiaomi untuk pengguna di Indonesia.

• Jaringan Ritel dan After Sales

Menurut Alvin, membangun jaringan ritel di Indonesia merupakan salah satu prioritas Xiaomi. Tujuannya, agar memudahkan pengguna dalam mendapatkan produk.

Baca Juga  Google Wajibkan Staf yang Bekerja di Kantor Tes Covid-19 Setiap Minggu

Saat ini, sudah ada lebih dari 400 Xiaomi Store termasuk Xiaomi Shop serta 4.000 lebih Xiaomi Preferred Partner.

Cakupan ritel akan terus dikembangkan pada 2022 dengan fokus untuk membangun pengalaman berbelanja yang lebih baik lagi.

Begitu pula untuk layanan after sale yang terus berbenah dalam melayani pengguna. Xiaomi mengklaim menjadi brand dengan cakupan layanan purna jual terbaik di Indonesia melalui 150+ service center.

Untuk memanjakan pengguna, sejumlah Xiaomi Store dan Xiaomi Shop juga ditunjuk menjadi collection point sehingga pengguna secara keseluruhan bisa memanfaatkan 400+ service point untuk mendapatkan layanan yang dekat dengan rumah mereka.

• Tetap Fokus di Mi Fans

Alvin juga menyebut bahwa Xiaomi membangun Xiaomi Community untuk menjadi rumah bersama bagi pengguna yang berasal dari beragam latar belakang untuk saling berinteraksi.

”Pada 2021, jumlah anggota Mi Fans mencapai 2,1 juta, dengan percakapan intens hingga 446.090 thread terdiri dari berbagai topik. Anggota Xiaomi Community juga rutin menggelar pertemuan yang mencapai sebanyak 442 sesi meetup.

Media sosial jadi platform bagi Xiaomi untuk terhubung dengan penggunanya dan membangun interaksi dalam menerima masukan dan apresiasi sekaligus menginformasikan produk terbaru maupun penawaran menarik paling dahulu untuk Xiaomi Fans.

Saat ini akun Instagram Xiaomi Indonesia memiliki 2 juta pengikut yang memudahkan untuk terhubung dengan pengguna.

• Sempat Jadi No 1

Dengan pangsa pasar 28%, Xiaomi sempat jadi brand smartphone nomor 1 di Indonesia pada Q2 2021 dengan pertumbuhan tercepat 112% tahun ke tahun.

Inilah momen bersejarah bagi Xiaomi di Indonesia yang terjadi pada 2021.

Xiaomi menyiapkan sejumlah rencana untuk 2022: yakni mengenalkan lebih banyak smartphone flagship, lebih banyak lagi produk AIoT, jaringan ritel lebih luas disertai layanan yang makin baik, serta layanan after sale yang memberi rasa tenang bagi pengguna.

Baca Juga  Uji Tombol Like Pribadi di Stories Instagram