Prosesor Intel Core Gen 12 Dirancang untuk IoT dan Komputasi Edge

Dipublikasikan oleh Ruang Pengetahuan pada

Intel meluncurkan prosesor Intel Core generasi ke 12 dengan nama sandi Alder Lake S-series dan H-series pada gelaran CES 2022. Ini merupakan keluarga prosesor pertama yang ditingkatkan dengan arsitektur untuk performance hybrid yang mengombinasikan core performa, efisien, dan Intel thread.

Salah satu fokusnya adalah untuk mengakselerasi penggunaan aplikasi Internet of Things (IoT). Prosesor baru ini menawarkan peningkatan jumlah core dan kemampuan grafis, media, layar dan AI.

“Intel Generasi 12 mendukung pengalaman visual yang lebih kaya di berbagai perangkat, hingga menjalankan berbagai workload yang sangat penting dalam satu platform edge. Prosesor ini akan memberdayakan pelanggan untuk mengambil langkah terbesar menuju dunia yang diatur software di edge,” beber John Healy, Intel vice president of the Internet of Things Group dan general manager of Platform Management and Customer Enablement, dalam keterangan tertulis, Rabu (5/1).

Komputasi edge adalah proses komputasi yang difokuskan untuk memproses lalu lintas IoT dan penyimpanan data sedekat mungkin dari sumber data ke pusat data, sehingga dapat mengurangi latensi dan penggunaan bandwidth yang tidak diperlukan.

Tentang Alder Lake S-series, prosesor desktop Gen 12 Intel Core untuk IoT berisi Intel UHD Graphics 770 yang digerakkan oleh arsitektur Intel Xe yang mendukung tampilan virtualisasi dan hingga empat tampilan independen.

Mendukung memori PCIe 5.0/PCIe 4.0 dan DDR5/DDR4 dikombinasikan dengan fitur keamanan dan pengelolaan serta pemberdayaan AI.

SKU IoT memiliki fitur hingga 16 core dan 24 thread pada TDP 35W hingga 65W, kemampuan real-time, ketersediaan jangka panjang, dan dukungan software dalam jangka panjang.

Sementara itu, Alder Lake H-series merupakan prosesor mobile 12th Gen Intel Core untuk IoT diperkirakan meraih hingga 1,04 kali lebih cepat dalam single-thread performance 5, hingga 1,18 kali lebih cepat dalam multithread performance 6 dan hingga 2,29 kali lebih cepat dalam graphics performance 7 dibandingkan dengan prosesor 11th Gen Intel Core.

Baca Juga  Terima Kasih dan Selamat Tinggal, BlackBerry!