Saingi Twitter, Truth Social Buatan Trump Siap Diluncurkan 21 Februari

Dipublikasikan oleh Ruang Pengetahuan pada

Mantan Presiden AS Donald Trump segera meluncurkan aplikasi saingan Twitter yang bernama Truth Social pada Februari mendatang. Menurut daftar di App Store, Truth Social akan diluncurkan di iOS pada 21 Februari 2022.

Dilansir The Verge, Jumat (7/1/2022), aplikasi ini dibuat oleh Trump Media and Technology Group (TMTG), perusahaan media baru Trump yang dipimpin oleh mantan senator Republik, Devin Nunes.

Berdasarkan tangkapan layar di App Store, Truth Social sangat mirip dengan aplikasi Twitter. Aplikasi Truth Social juga memiliki ikon untuk balasan, retweet, favorit, dan berbagi.

Tidak jelas apakah 21 Februari juga merupakan saat Truth Social akan tersedia di web atau Android. TMTG tidak segera menanggapi pertanyaan dari The Verge.

Truth Social telah diluncurkan secara terbatas dalam versi beta sebagai bagian dari pengumuman kemitraan TMTG dengan situs berbagi video Rumble. Situs berbagi video ini yang nantinya akan menyediakan teknologi video dan streaming untuk Truth Social.

Dibuatnya Truth Social ini oleh Trump karena akun Twitternya dibekukan secara permanen pada Januari 2021 setelah insiden pemberontakan 6 Januari di US Capitol.

Trump sendiri telah menggugat Twitter agar memulihkan akunnya. Di tengah perseteruan ini, Trump membuat media sosialnya sendiri dengan nama Truth Social.

Namun, Truth Social juga menuai beberapa kontroversi karena dibuat menggunakan kode sumber Mastodon. Pada Oktober 2021, Mastodon menerbitkan pernyataan yang mengatakan bahwa Truth Social melanggar lisensi perangkat lunaknya karena Truth Social mengklaim bahwa itu adalah hak milik mereka.

Mastodon mengatakan telah mengirim surat resmi kepada kepala petugas hukum Truth Social yang meminta agar kode sumber dibagikan, dan Truth Social telah menambahkan bagian “Sumber Terbuka” ke situs webnya.

Baca Juga  Hari Ini, Layanan OS BlackBerry Resmi Dihentikan