Green Flags Dalam Memilih Teman Hidup

Dipublikasikan oleh MUHAMAD HADI NINGRAT pada

Savana Jaya, Ruang Pengetahuan – Sebuah riset dari Tinder baru-baru ini menemukan kalau 80% anak muda sudah tahu cara mengidentifikasi “green flags” dari match mereka. Green flags adalah sebuah indikator untuk menilai kelayakan hubungan untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Inilah beberapa green flags yang bisa kamu perhatikan;

1. Bertanya dan Mendengarkan Opinimu

Sebanyak 79% anak muda Indonesia saat ini ternyata mencari pasangan yang berpikiran terbuka dan bisa menerima pendapat mereka. Contohnya, dalam menentukan tempat kencan. Apakah dia membahas pilihan tempat sama kamu hingga memikirkan cara kamu menuju ke sana? Hal-hal seperti itu menunjukkan bahwa dia cukup perhatian dan menghargai pendapat kamu.

2. Selalu Meluangkan Waktu

Semua orang sibuk. Ada hal yang diprioritaskan. Kalau dia ingin mengenal kamu lebih jauh, dia perlu melakukan effort dong. Sulit buat menjalin hubungan kalau orangnya nggak ngasih kamu perhatian penuh.

3. Respect Sama Mantan

Meskipun sudah mantan, sebaiknya dia nggak menjelekan mantan di depan kamu. Kemungkinan, dia juga akan memperlakukanmu dengan sama di masa depan. Biarpun sudah menjadi mantan, kita harus tetap respect dengan nggak menjelek-jelekannya.

4. Nggak Takut Membicarakan Perasaan Mereka

Jangan takut dianggap bucin atau baperan pas nunjukin sisi emosional kita. Dia harus terbuka tentang perasaan. Mengetahui perasaan juga jadi cara untuk melihat seberapa besar kecocokan kamu dan dia.

5. Terbuka Soal Keuangan

Uang adalah hal yang sensitif. Sebaiknya perihal uang juga dibicarakan dengan terbuka. Misalnya untuk masalah bujet kencan. Pihak laki-laki nggak mesti selalu harus bayar semua pengeluaran kencan. Minta untuk split bill juga boleh, lho.

6. Menghormati Boundaries

Setiap orang punya batasannya masing-masing. Cari orang yang menghormati batasan kamu, dan selalu berusaha bikin kamu merasa nyaman. Biasanya, orang yang respect sama kamu akan bertanya dulu sebelum melakukan sesuatu. Misalnya ‘Kamu nggak masalah, kalau aku ngelakuin ini?’ atau ‘Kamu nyaman nggak kalau aku begini?’ atau ‘Kamu sukanya gimana?’.

Mencari orang yang tepat memang sulit. Makanya, kalau kamu sudah bertemu orang yang tepat, jangan disia-siakan ya.