Perbedaan Gado-Gado dan Pecel Yang Kelezatannya Mendunia

Dipublikasikan oleh MUHAMAD HADI NINGRAT pada

Savana Jaya, Ruang Pengetahuan – Dua kuliner kaki lima khas Indonesia yaitu gado-gado dan pecel berhasil masuk dalam jajaran Salad Terbaik di Dunia versi TasteAtlas. Dari 20 besar daftar ini, gado-gado berada di posisi 13, sedangkan pecel menduduki peringkat 19.

Gado-gado dan pecel bersanding dengan menu salad lainnya dari berbagai penjuru dunia, seperti coleslaw, caesar salad, dan macaroni salad. Kuliner kaki lima ini tak disangka bisa masuk jajaran elit dunia. Tak kalah dengan salad-salad lainnya.

Keduanya juga dikenal sebagai makanan tradisional yang sehat, mengenyangkan, murah meriah, digemari banyak orang, dan menjadi kuliner alternatif jika malas memasak di rumah yang mudah ditemui di berbagai tempat.

• Perbedaan Gado-Gado dan Pecel

Meski kelezatannya telah mendunia, namun beberapa orang masih bingung membedakan antara keduanya. Tak bisa dimungkiri, baik gado-gado dan pecel sama-sama berbumbu dasar saus kacang dan beraneka sayuran.

Namun ada perbedaan yang mendasari di antara kedua makanan ini. Apa saja perbedaannya?

1. Pecel

Secara umum, pecel disajikan dengan beraneka ragam sayuran, mulai dari tauge, bayam, kacang panjang, kemangi, kembang turi, dan berbagai sayuran lainnya. Sayuran yang disajikan biasanya direbus dulu.

Kemudian sayur ditempatkan di atas piring bersama nasi, dan ditambahkan saus kacang di atas beserta rempeyek kacang atau rempeyek udang. Untuk lauknya, kamu bisa menambahkan tahu, tempe, dan beragam lauk yang tersedia.

Di Indonesia, ada sejumlah kuliner pecel yang terkenal dan mudah dijumpai di luar daerah asalnya. Seperti pecel Madiun, pecel Ponorogo, atau pecel tumpang.

2. Gado-Gado

Sedangkan untuk gado-gado, penggunaan ragam sayurannya hampir serupa dengan pecel. Hanya saja perbedaan utama yang mencolok yaitu tidak semua sayur harus direbus terlebih dahulu.

Dengan demikian, di dalam sepiring gado-gado terdapat kombinasi antara sayuran yang sudah direbus dan sayur mentah.

Selain itu di dalam gado-gado sudah terdapat beragam lauk seperti tahu, tempe, kentang, telur rebus. Berbeda dengan pecel yang hanya sayuran saja di awal penyajian. Gado-gado umumnya disajikan dengan kerupuk udang atau emping.

Tidak berbeda dengan pecel, gado-gado juga banyak diadaptasi menurut kekhasan daerahnya masing-masing. Seperti gado-gado Betawi, gado-gado Surabaya, dan gado-gado Padang.

Selain gado-gado dan pecel, ada pula yang namanya ketoprak, karedok, dan selat solo yang juga masuk dalam 50 besar salad terbaik di dunia versi TasteAtlas. Digoda gado-gado? Dunia pun takluk!